Danrem 043/Gatam Panen Raya Bersama Bupati Dan Forkopimda Kabupaten Lampung Tengah

Hankam112 Dilihat

 

Lampung – Program ketahanan pangan merupakan program nasional dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan melalui upaya khusus dengan melibatkan TNI-AD dengan Dinas Pertanian Kabupaten, dalam rangka mendukung suksesnya kegiatan gerakan ketahanan nasional tahun 2023.

Bertempat di Dusun III RT 14 Kp. Rejo Asri Kecamatan Seputih Raman Kabupaten Lampung Tengah, rabu (1/11/), Komandan Korem 043/Gatam Brigjen TNI Iwan Ma’ruf Zainudin S.E, didampingi Kasiter Kasrem 043/Gatam Kolonel Inf. Jaka Sutanta, S.Sos, mengikuti panen raya dalam rangka gerakan nasional ketahanan pangan jajaran TNI Tahun 2023 bersama bapak Wakil Presiden RI secara virtual, yang bertemakan Ketahanan Pangan Untuk Indonesia Maju.

Setibanya Danrem beserta rombongan dilokasi, disambut Dandim 0411/KM Letkol Arh. Rendra Febrandari Suparman,S.I.P, Bupati Lampung Tengah H. Musa Ahmad, S.Sos, Asisten II Provinsi Lampung, Forkopimda Kabupaten Lampung Tengah, Kadis Tph Provinsi Lampung, Kadis Tph Kabupaten Lampung Tengah, dan Para Ketua Kelompok Tani Kabupaten Lampung Tengah, langsung mengikuti kegiatan video konference bersama Wakil Presiden RI Prof. Dr. K.H. Ma’ruf Amin.

Danrem 043/Gatam dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan program pemerintah untuk swasembada pangan, tentunya bukan tanpa alasan kehadiran TNI dalam program ketahanan pangan, akan menjadi motivator dan pendorong bagi petani dan kelompok tani.

“ Lebih dari itu, kehadiran TNI juga menjadi pemicu serta pemacu bagi para penyuluh dan petugas pertanian di lapangan, kehadiran TNI bukan untuk mengambil alih tugas penyuluh, tetapi lebih ke arah sinergitas untuk melangkah dan bergerak dengan fungsi dan perannya masing-masing guna mendinamisasi pembangunan pertanian di pedesaan, “ terangnya

Lebih lanjut Brigjen Iwan juga menjelaskan, keterlibatan TNI dalam ketahanan pangan ini bukan baru saat ini saja, sebelumnya sudah dilaksanakan, karena para Babinsa Komando Kewilayahan (Kodim) berperan dalam bidang ketahanan pangan.

“ Babinsa mempunyai kewajiban melaporkan data teritorial yang ada di desa binaannya serta menjaga tetap dalam kondisi yang baik, melalui program ketahanan pangan ini babinsa juga mengawal pendistribusian pupuk dan bibit agar bisa sampai ke tangan petani tepat sasaran dan tepat waktu, “ tuturnya.

Dikesempatan tersebut Danrem juga menyampaikan, untuk panen raya yang dilaksanakan di Kabupaten Lampung Tengah, lahan sawah seluas 7427 Ha, lahan kering seluas 1685 Ha, sementara luas tanam padinya 5605 Ha dan sisa tanaman 74 Ha, “pungkasnya.

Tak hanya mengikuti kegiatan panen raya dalam rangka gerakan nasional ketahanan pangan jajaran TNI Tahun 2023 bersama bapak Wakil Presiden RI secara virtual, Danrem 043/Gatam Brigjen TNI Iwan Ma’ruf Zainudin S.E, Bupati Lampung Tengah H. Musa Ahmad, S.Sos, beserta Forkopimda Lamteng melaksanakan panen raya dan pemberikan tali asih kepada masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *