Kasiter Kasrem Rem 043/Gatam Ajak Bekerja Sama Dan Meningkatkan Kewaspadaan Karhutla

Hankam, LAMPUNG72 Dilihat

 

Lampung –(Wartaekspos60.com)  Mewakili Komandan Korem 043/Gatam Brigjen TNI Iwan Ma’ruf Zainudin, S.E., Kasiter Kasrem 043/Gatam Kolonel Inf Risa Wilsi SH. M.H., menghadiri rapat kordinasi (Rakoord) pembentukan satgas Karhutla tingkat Kabupaten / Kota Se Provinsi Lampung Tahun 2023, bertempat di Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur Lampung Jl. Wolter Monginsidi Teluk Betung Bandar Lampung. Rabu (26/7/2023).

Rakoord Pembentukan Satgas Karhutla dipimpin langsung Gubernur Lampung Ir Arinal Djunaidi, dilaksanakan sebagai bentuk upaya pemerintah Provinsi Lampung beserta instansi terkait untuk melakukan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan, sebagai mana yang di instruksi Presiden No. 3 Tahun 2020, tentang Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan.

Gubernur Lampung dikesempatan tersebut mengajak stakeholder terkait untuk secara bersama sama menanggulangi kebakaran hutan dan lahan di berbagai daerah di Provinsi Lampung. Berdasarkan data yang bersumber dari Sistem Monitoring Karhutla, Sipongi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Jumlah titik panas (hotspot) sampai dengan tanggal 21 Juli 2023 di Provinsi Lampung sebanyak 1.253 titik dan luas kebakaran hutan dan lahan yang berhasil dihimpun seluas 4.853,36 hektar.

“ Untuk itu, segala upaya harus kita lakukan bersama jangan sampai daerah kita menjadi perhatian karena tingginya potensi karhutla, sebagaimana disampaikan pada Rapat Koordinasi Khusus Antisipasi dan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan Tahun 2023 di Jakarta tanggal 20 Januari 2023 yang lalu, Provinsi Lampung disebut sebagai provinsi dengan luas karhutla yang meningkat tajam dalam kurun 4 tahun terakhir selain Aceh, Bengkulu, Sumatera Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku dan Papua, “terangnya.

Gubernur juga akan mengoptimalkan tugas dan BPBD Provinsi/Kabupaten/Kota sebagai Koordinator dalam upaya penanggulangan karhutla di wilayah Provinsi/ Kabupaten/ Kota, dan mengalokasikan biaya pelaksanaan penanggulangan karhutla secara memadai pada pos anggaran rutin dan anggaran belanja tidak terduga dalam APBD Provinsi/Kab/Kota.

Senada dengan Gubernur, Kasiter Kasrem 043/Gatam Kolonel Inf Risa Wilsi SH. M.H., juga mengajak seluruh perangkat daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota, dan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan saling bahu membahu dalam upaya untuk menanggulangi karhutla di provinsi Lampung.

“ Mewakili Danrem 043/Gatam, saya mengajak seluruh perangkat daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota, dan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan saling bahu membahu dalam menanggulangi karhutla di provinsi Lampung ini, disini saya juga menghimbau kepada semua pihak terus memonitor peringatan dan mendeteksi secara dini karhutla di wilayah masing-masing, “ pungkasnya.

Tampak hadir pada kegiatan tersebut, Wakil Ketua III DPRD Provinsi Lampung, Dir Samapta Polda Lampung, Kabag Ops Binda Lampung, Dandenpomal Lanal Lampung, KadisOps Lanud P. Bunyamin, perwakilan Pengadilan Tinggi Lampung, Kepala pelaksana BPBD Provinsi Lampung, Kepala BMKG Lampung, Rektor I Unila, Basarnas Provinsi Lampung dan Para Pejabat tinggi Pratama Lingkungan Provinsi Lampung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *