Pemkab Pringsewu Gelar Musrenbang RKPD 2O24

Pemkab, Pringsewu102 Dilihat

 

Pringsewu, wartaekspos60.com – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2024 secara resmi dibuka Gubernur Lampung diwakili Kepala Bappeda Provinsi Lampung Ir. Mulyadi Irsan, M.T. di Aula Utama Pemkab Pringsewu, Kamis (09/03/23).

Selain Pj. Bupati Pringsewu Adi Erlansyah, Musrenbang juga dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Pringsewu Suherman, S.E., Ketua Ikatan Ahli Perencanaan Provinsi Lampung Dr.Ir.Citra Persada, M.Sc., Sekretaris Daerah Kabupaten Pringsewu Drs.Heri Iswahyudi, M.Ag. beserta jajaran pemerintah daerah dan forkopimda beserta instansi vertikal lainnya, para pelaku usaha, perbankan, akademisi, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda serta tokoh masyarakat setempat.

Kepala Bappeda Provinsi Lampung Ir. Mulyadi Irsan, M.T. mengatakan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Pringsewu saat ini berada di peringkat ketiga dari 15 kabupaten dan kota se-Provinsi Lampung, setelah Kota Bandar Lampung dan Kota Metro. “Atau nomor satu untuk kabupaten se-Provinsi Lampung,” katanya.

Selain itu, dari seluruh kabupaten/kota di Provinsi Lampung, pihaknya mencatat ada 5 kabupaten/kota yang memberikan dukungan kuat terhadap pembangunan daerah Provinsi Lampung, yaitu Kota Bandar Lampung, Kota Metro dan 3 kabupaten, yang satu diantaranya juga adalah Pringsewu. “Pringsewu menjadi Rising Star dan menjadi sebuah fenomena yang menarik, sebab sebagai kabupaten yang terbilang muda mampu melesat dan mengungguli kabupaten-kabupaten lama dan tua di Provinsi Lampung,” ujarnya.

Pihaknya mengapresiasi Pemkab Pringsewu, dan sebagai Rising Star diharapkan kedepan Pringsewu bisa memberikan kontribusi positif terhadap pembangunan di Provinsi Lampung. Menurut Irsan, sebagai kabupaten, namun Pringsewu lebih bercirikan sebagai kota, baik dari pola kehidupan masyarakat, penggerak perekonomian dan lain sebagainya.

Sementara itu, Pj. Bupati Pringsewu Adi Erlansyah mengatakan Musrenbang RKPD merupakan tindak lanjut Konsultasi Publik Rancangan RKPD 7 Februari 2023 lalu, Musrenbang RKPD Kecamatan 14-16 Februari 2023 dan Forum Gabungan Perangkat Daerah 28 Februari-2 Maret 2023. “Dari rangkaian panjang tersebut, Inshaa Allah keseluruhan proses perencanaannya telah benar-benar diselaraskan dengan tema dan prioritas pembangunan nasional dan Provinsi Lampung,” katanya.

Dengan mengacu kepada tema pembangunan Nasional dan Provinsi Lampung, kata Adi Erlansyah, maka tema RKPD Kabupaten Pringsewu 2024 adalah ‘Penguatan Sektor Ekonomi Strategis dan Kualitas Sumber Daya Manusia’ yang menekankan pada 6 prioritas pembangunan, yaitu Peningkatan ketahanan perekonomian daerah, Peningkatan kualitas pembangunan manusia, Menurunkan kemiskinan ekstrim dan stunting, Peningkatan kualitas tata kelola pemerintahan, Peningkatan kualitas infrastruktur dan lingkungan hidup dan Meningkatkan ketertiban, kenyamanan dan mitigasi bencana.

Adi Erlansyah lebih lanjut menyampaikan beberapa kebijakan yang akan dilaksanakan Pemkab Pringsewu pada 2024 mendatang, diantaranya Meningkatkan kualitas produksi dan distribusi hasil, UMKM untuk mendukung geliat perekonomian daerah, Pemantapan cadangan pangan untuk menjaga laju inflasi, Peningkatan kualitas pendidikan dan pelayanan kesehatan, Menghapuskan kemiskinan ekstrim dan penurunan angka stunting, Meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik, Penataan ibu kota kabupaten dan pemenuhan infrastruktur pelayanan dasar dan Dukungan penyelenggaraan Pemilu 2024.

Pj. Bupati Pringsewu juga mengajak seluruh kepala perangkat daerah Kabupaten Pringsewu untuk mensinergikan program kegiatan dengan prioritas dan arah kebijakan yang telah ditetapkan. “Serta senantiasa mencermati usulan-usulan kegiatan dari musrenbang kecamatan dan pokok-pokok pikiran anggota DPRD Kabupaten Pringsewu dalam menyusun program prioritas perangkat daerah,” ajaknya.

Pada kesempatan tersebut, Pj. Bupati Pringsewu juga menyerahkan piala dan piagam serta hadiah kepada penyelenggaraan Musrenbang Kecamatan Terbaik, yang masing-masing diraih oleh Kecamatan Gadingrejo (terbaik pertama), Kecamatan Pringsewu (terbaik kedua) dan Kecamatan Banyumas (terbaik ketiga). (Humas-Aziz ar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *