Tandatangani Perjanjian Kerjasama PMI dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung.

Pemprov Lampung126 Dilihat

 

BANDARLAMPUNG — Wartaekspos60.com.  Ketua PMI Provinsi Lampung Ibu Riana Sari Arinal menandatangani perjanjian kerjasama antara PMI Provinsi Lampung dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung tentang sinergitas dalam pengembangan kepalangmerahan dan kesiapsiagaan bencana.

Hal itu dilakukan usai Upacara Peringatan HUT PMI ke-78, yang dilaksanakan di Lapangan Korpri, Komplek Kantor Gubernur, Bandarlampung, Rabu (27/9/2023).

Dalam upacara, turut hadir diantaranya jajaran Forkopimda Provinsi Lampung, jajaran PMI Provinsi Lampung, dan undangan lainnya.

Dalam peringatan tersebut, Ibu Riana Sari Arinal juga menyerahkan secara simbolis penghargaan donor darah sukarela 50 kali dan 75 kali.

Dalam sambutan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, yang dibacakan Asisten Administrasi Umum Provinsi Lampung Senen Mustakim, dijelaskan bahwa pada tanggal 17 September 2023 genaplah usia pengabdian PMI selama 78 Tahun.

“PMI diresmikan dan didirikan para pendahulu kita 17 hari setelah kemerdekaan indonesia. Artinya, PMI ini begitu pentingnya sehingga lebih dahulu dibanding banyak lembaga-lembaga nasional yang tentu juga mempunyai pengabdian yang sangat tinggi kepada bangsa ini,” ujar Senen Mustakim.

“Kenapa begitu penting? Karena Palang Merah dan Bulan Sabit Merah di seluruh dunia ini pengabdiannya sesuai dengan prinsip-prinsip kemanusiaan. Karena itulah kita selalu mengingatkan agar kita semua melaksanakan prinsip-pirnisp dasar kita yang telah kita setujui bersama. Kemanusiaan, Kesamaan, Kenetralan, Kemandirian, Kesukarelaan, Kesatuan dan Kesemestaan. Itulah Prinsip pokok yang harus dipahami oleh semua Relawan, Pengurus dan kita semua keluarga besar Palang Merah Indonesia untuk membantu masyarakat,” tambahnya.

Senen Mustakim bersyukur pada akhir tahun ini tidak banyak bencana seperti bencana alam, gempa bumi, tsunami. Tetapi bencana alam lainnya yang tidak kalah sulitnya seperti kekeringan dan iklim yang berubah yang menyebabkan banyak penderitaan.

“Penderitaan bagaimana masyarakat kita tidak mendapat air bersih sebagaimana seharusnya dan juga dibidang bidang lainnya. Karena itulah maka program utama pada bulan-bulan ini adalah bagaimana membantu masyarakat yang kekeringan yang kekurangan air bersih dan kehidupannya yang sulit,” ujarnya.

Dalam rangka membantu penyelesaian akibat iklim yang berubah ini, maka ke depan harus dijalankan program-program penghijauan.

“Semua Relawan haruslah menanam pohon yang tentu kita koordinasikan bersama-sama,” ujarnya.

Senen mengucapkan terima kasih kepada seluruh relawan, pengurus dan masyarakat yang membantu. Juga sponsor-sponsor yang dengan sepenuh hati membantu kegiatan-kegiatan Palang Merah dan dapat mengabdi kepada kemanusiaan.

“Sepenuh hati artinya ikhlas, penuh kerja keras dan juga pengabdian untuk mendapat amal ibadah dari pada Tuhan Yang maha esa. Itulah harapan saya pada hari yang penuh kebahagaiaan dan penuh dengan amal ibadah selama 78 Tahun dan selamat untuk kita semua,” tutupnya.

Setelah pelaksanaan Upacara, Ketua PMI Provinsi Lampung Ibu Riana Sari Arinal menyempatkan melakukan peninjauan kendaraan PMI dan peninjauan Siger Donor Darah. (Adpim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *