Kelancaran mudik dan arus balik 2023, pemerintah layak diapresiasi. Presiden Kami Berterima kasih.

LAMPUNG, NASIONAL122 Dilihat

 

IB Ilham Malik – Pengamat transportasi dari Institut Teknologi Sumatera (ITERA)

Kelancaran arus balik lebaran idul fitri 2023 (1444 H) menutup proses panjang persiapan dan antisipasi pemerintah dalam pelaksanaan perjalanan masyarakat di hari raya. Persoalan kemacetan lalu lintas di Pelabuhan Merak dan Jalan tol (segmen Cikampek dan Kalikangkung) pada 2022 lalu menjadi peringatan atau warning bahwa ada persoalan di sektor transportasi yang harus ditangani dengan serius oleh pemerintah dan seluruh stakeholders.

Persiapan panjang yang dilakukan oleh pihak kepolisian dan kementerian perhubungan bersama jajaran, serta pelaku jasa transportasi lainnya seperti ASDP, Damri, Pelindo, Organda dan lainnya, hasilnya dapat masyarakat rasakan pada lebaran 2023 ini. Skenario manajemen transportasi darat, laut dan udara sudah membuahkan hasil yang layak untuk diapresiasi.

 

Khusus untuk penyeberangan, Polri dan Kemenhub dan PT ASDP sudah bekerja sama dengan baik. Sempat ada kekhawatiran akan muncul persoalan serupa dengan kejadian lalu lintas pada 2022 di pelabuhan Merak. Berbagai langkah taktis yang sudah disusun tetap sempat menimbulkan kecemasan, apakah memang akan mencegah terjadinya kemacetan lalu lintas serupa 2022 lalu?

Tetapi tampaknya tidak ada masalah seperti tahun lalu yang terjadi pada 2023. Di Merak, pengaktifan pelabuhan Ciwandan untuk mengangkut sepeda motor dan kendaraan logistik sangat memberikan dampak besar pada kelancaran di pelabuhan Merak. Ditambah dengan skenario penambahan kapasitas angkut, penerapan delay system dan manajemen lalin, telah membuahkan hasil.

Di Lampung, kepolisian daerah Lampung bersama pengelola jalan tol, PT ASDP, dan Kemenhub, sudah menerapkan rekayasa lalu lintas yang tertib seperti tahun lalu. Sehingga, kelancaran lalu lintas di Pelabuhan Merak dan sekitarnya, termasuk di segmen jalan raya di Bandarjaya dan Terbanggi, juga bisa dijamin. Bahwa pada waktu tertentu ada tekanan arus volume kendaraan yang sangat massif sehingga menurunkan LOS jalan, itu ada benarnya. Tetapi dalam kondisi wajar. Juga tidak mengurangi penilaian manajemen lalu lintas pada 2023 ini lebih baik.

IB Ilham Malik Pengamat transportasi dari Institut Teknologi Sumatera (ITERA)
Sempat menyebutkan bahwa Kelancaran Arus kendaraan Mudik Tahun ini sangat baik.

” Berbagai penerapan rekayasa lalin membuahkan hasil yang cukup memuaskan pemudik” terang Ilham

Ilham juga sempat menyinggung bahwa meskipun sempat ada dua insiden yang mengganggu perhatian masyarakat terhadap capaian mudik di Lampung yaitu 1) isu tiktok kerusakan jalan di Lampung dan 2) adanya kendaraan tertentu yang diprioritaskan naik kapal.

” Insiden tersebut menjadi pembelajaran serius bagi pemangku kepentingan, dengan berbagai video viral yang sempat beredar mengenai Lampung.” Ungkap Ilham

Pemprov Lampung harus sangat agresif mencari pembiayaan untuk memperbaiki semua kerusakan jalan provinsi di wilayah Lampung. Sehingga kritik netizen tidak muncul dan mencoreng nama Lampung. Untuk isu kendaraan penyerobot, aparat perlu pengetatan pengawasan kendaraan ini, agar tidak lagi terjadi terlebih ketika ada antrian.Setidaknya, perlu ada skenario tertentu untuk melaksanakan protap.

Sementara itu sejumlah pelaku perjalan juga merasakan bahwa kesan
Selama mudik tahun ini sangat lancar.
Seperti yang di ungkapan Susi salah satu TKW asal Lampung tengah yang bekerja di Singapura.ia tak henti hentinya mengucapkan Terimakasih kepada bapak Presiden,bapak Menteri Perhubungan dan Kapolri.
Saat di jumpai menteri perhubungan Budi Karya Sumadi di pelabuhan Bakauheni Lampung.

“Terimakasih pak presiden selama perjalanan mudik kami para TKW di permudah dan lancar,.. terimakasih pak Presiden. Pak menteri bapak-bapak Polisi.” Ungkap Susi.

Hal serupa juga di sampaikan oleh Wardi dan bogie, warga Jakarta yang mudik menggunakan kendaraan pribadi dan sepeda motor.

” Alhamdulillah mas,perjalanan kami dari Jakarta menuju Metro baik dan tidak ada kendala.” Terang bogie pengguna jasa penyebrangan kendaraan roda empat di dermaga esekutif pelabuhan Bakauheni.

Keceriaan dan senyuman juga di perlihatkan Wardi pengendara sepeda motor asal Serang Banten,yang mendapatkan bekal air mineral serta Snack untuk anaknya saat mengantri masuk kapal di kantong parkir dermaga.

“Anak saya senang mas lihat pak Polisi nya karena dapat Snack,” terang Wardi.

Ini sebagai bentuk perhatian yang luar biasa kami para pemudik di perhatikan sebegitu mendalam.demi kelancaran perjalanan kami berkumpul bersama keluarga.

Sementara itu
Sekali lagi, kejadian lalu lintas pada lebaran 2022 telah memberikan pelajaran penting pada pemerintah (kepolisian, kemenhub, ASDP, dan BPJT) yang dibuktikan dengan membaiknya manajemen lalu lintas pada mudik 2023 ini.

Presiden, kapolri, kemenhub dan jajaran pelaku penyedia layanan transportasi telah memberikan perhatian besar pada kelancaran transportasi idul fitri 2023. Dan pada akhirnya, masyarakan bisa merasakan kelancaran lalin dan menikmati perjalanan mudik yg mereka lakukan setahun sekali melalui mudik aman dan berkesan.

Sementara itu Ketua MTI wilayah Lampung Adit,menjelaskan bahwa rancangan yang dijalankan pemerintah dari tahun Ketahun menjadi pelajaran berharga serta evaluasi yang baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *