Pemka Pesisir Barat Terima Penghargaan Universa Healt Coverage Dari Wakil Presiden RI

 

Selasa, 14 Maret 2023
Krui (Wartaekspos60)-
Kadis Kominfotiksan Kabupaten Pesisir Barat, Suryadi, S.IP., M.M. menginformasikan bahwa Bupati Pesisir Barat, Dr. Drs. Agus Istiqlal, S.H., M.H. yang dalam hal ini di wakili oleh Wakil Bupati Pesisir Barat, A. Zulqoini Syarif, S.H. menghadiri Penyerahan Penghargaan “Universal Health Coverage” kepada 22 Provinsi, 334 Kabupaten dan Kota yang telah mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sebagai program strategis nasional dengan mendorong terwujudnya Universal Health Coverage (Cakupan Kesehatan Semesta) di Indonesia bertempat di Balai Sudirman, Jakarta Selatan. Universal Health Coverage (UHC) adalah wujud nyata komitmen Pemerintah Daerah baik provinsi, kabupaten/kota dalam mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional bagi masyarakat Indonesia.

Kegiatan tersebut di hadiri oleh para Kepala Daerah; Gubernur; dan Bupati/Walikota penerima Universal Health Coverage (UHC). .

Pada kesempatan tersebut Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin memberikan penghargaan kepada 22 Provinsi, 334 kabupaten dan kota yang telah mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sebagai program strategis nasional dengan mendorong terwujudnya Cakupan Kesehatan Semesta atau Universal Health Coverage (UHC) di Indonesia.

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin mengapresiasi komitmen Pemda khususnya dalam melaksanakan Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)

Penyerahan Penghargaan UHC ini diberikan langsung oleh Wakil Presiden RI didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Direktur Utama BPJS Kesehatan, Menteri Keuangan, Menteri Dalam Negeri, Menteri Kesehatan, Menteri Sosial, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, serta Ketua Dewan Jaminan Sosial Nasional.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti mengungkapkan BPJS Kesehatan bekerja keras melakukan berbagai advokasi kepada Pemerintah Daerah agar seluruh penduduk di masing-masing wilayah dapat diintegrasikan dengan Program JKN-KIS. Namun Ghufron menekankan tercapainya predikat UHC juga harus memastikan bahwa setiap penduduk memiliki akses terhadap layanan kesehatan yang adil, merata dan bermutu, baik itu layanan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif.

“Untuk itu, BPJS Kesehatan juga berupaya memperluas akses layanan kesehatan tersebut dengan bekerja sama dengan fasilitas kesehatan baik tingkat pertama maupun tingkat lanjutan (rumah sakit). BPJS Kesehatan mendorong Kementerian dan Pemda terkait dalam hal memenuhan sarana dan prasarana di daerah agar mutu layanan kesehatan dapat dirasakan sama, dimanapun peserta itu berada,” ujar Ghufron

Bupati Pesisir Barat Dr. Drs. Agus Istiqlal, SH,.MH, yang diwakili Wakil Bupati A.Zulqoini Syarif, SH menyampaikan, ungkapkan rasa bangganya atas pencapaian UHC di daerahnya.

Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi di Krui yang telah bekerja keras dan sinergi yang terjalin selama ini sehingga masyarakat Kabupaten Pesisir Barat bisa terjamin ke dalam Program Kesehatan Nasional.

“Dengan telah diterimanya Award UHC ini tentunya Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Barat akan terus berupaya maksimal dalam melayani masyarakat. Kedepannya kami akan terus memastikan seluruh penduduk Kabupaten Pesisir Barat tetap terjamin akses layanan kesehatannya melalui. ( an)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *